Rekomendasi Pondok Pesantren Untuk Program Tahfiz Al-qur’an – Beranda / Pesantren Terbaik di Indonesia | Hadits dan Tahfiz Al-Qur’an
Pondok Pesantren Darus Sunnah merupakan Pondok Pesantren terbaik di Indonesia dalam bidang Hadits. Pondok Pesantren Darus-sunnah dengan hanya tiga santrinya yang membaca di hotel H. Ali Mustafa Yaqub, MA.
Ketiga orang tersebut adalah Ali Nurdin (saat ini Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan PTIQ Institute Jakarta), Saifuddin (saat ini mengajar di Pengulu di Brebesi, Jawa Tengah) dan Khairul Mannan (saat ini mengajar di Brunei Darussalam). Kegiatan ini telah berlangsung sejak tahun 1996.
Melihat minat mereka yang besar dalam belajar, H. Ali Mustafa Yaqub merasa terdorong dan kemudian mengambil langkah untuk mendirikan pesantren, yang selain berfungsi sebagai tempat pendidikan, para santri juga biasanya tinggal di pesantren (
). Pasalnya, jika hujan atau ada hal lain yang menghalangi pengajian, para santri bisa ikut mengaji, selain itu ia juga tak ingin merusak semangat para santri yang tetap datang untuk mengaji. .
Kebetulan di belakang rumahnya ada sebidang tanah. Sebagai langkah awal KH. Ali Mustafa Yakub mengubah tempat ini menjadi asrama mahasiswa. Sempit, sehingga bangunan ini terlihat seperti kos-kosan.
Namun, jumlah orang yang ingin menjadi muridnya semakin bertambah. Alkisah, di tengah usahanya dalam pembangunan perguruan tinggi, K. Kalivung dari Jawa Tengah. Dimyati Rais berkunjung ke rumahnya.
Kiai Dimyati bercerita bahwa tanah di dekat rumahnya suatu saat nanti akan menjadi pesantren dan asrama pria. Sedangkan asrama yang dibangun di belakang rumah dikhususkan untuk siswi.
Tentu saja ia mengamini perkataan Kia Dimyati yang berupa doa. Padahal tanah di dekat rumahnya sebenarnya bukan miliknya.
K.H. Sikap optimis Ali Mustafa Yaqub membuat Menteri Agama saat itu Bapak Tarmiz Tahir (Menteri Agama RI) membantunya mewujudkan keinginannya tersebut.
Melihat kecerdasan ketiga santri khususnya dalam bidang hadis, sekelompok santri mulai berdatangan untuk mengikuti pengajian dan menyatakan minatnya untuk bersama-sama mengaji. Keinginan mereka diterima dengan hangat dan mereka resmi mengikuti pengajian saat itu.
Seiring berjalannya waktu, jumlah peserta penelitian bertambah. Di satu sisi hal ini menunjukkan kemajuan, namun di sisi lain justru sebaliknya. Karena mereka tidak lagi menginap di hotel yang merupakan “ruang kelas”. Dan jika tidak segera menemukan solusi maka proses pengajian akan terhenti. Namun hal tersebut tidak menjadi masalah serius karena masih terdapat ruang keluarga yang kapasitasnya lebih besar dari ruang tamu.
Keputusan memindahkan tempat upacara ke masjid tampaknya tepat, mengingat jumlah peserta pengajian mencapai 40 orang. Yang lebih mengesankan lagi, angka ini bukan sekedar kuantitas. Komitmen dan antusiasme peserta studi sangat tinggi. Hal ini terbukti ketika terjadi hujan deras di Jakarta pada tahun 1997 yang hampir menyebabkan banjir, seluruh peserta pengajian tetap berpartisipasi meski rumahnya jauh dari lokasi pengajian.
Sistem perkuliahan di SMA yang ia gunakan bersifat debat. Siswa diinstruksikan oleh guru untuk mendiskusikan berbagai permasalahan dengan temannya.
Ingatlah bahwa kajian hadis memerlukan kemampuan memahami bahasa Arab serta pengalaman di bidang ilmu agama lainnya. Hal ini tentu sangat menyulitkan bagi mereka yang masih duduk di bangku SD/MI atau SMP/MT atau bahkan SMA/MA.
Atas dasar itu, Darus-sunnah menganjurkan status santri sebagai santri yang berhak tinggal di sana. Bahkan bisa dibilang itu syarat mutlak.
Setelah memperoleh status pelajar, mereka yang ingin menjadi murid Darus-sunnah harus lulus ujian masuk. Dalam hal ini calon mahasiswa harus melalui dua tahap;
Ujian tertulis yang meliputi Tes Kemahiran Bahasa Arab (TOAFL), pengetahuan dasar ilmu Hadits, ilmu Aqidah dan pemahaman sejarah, serta ilmu keislaman. Setelah lulus tes tertulis, mereka harus melalui tahap selanjutnya yaitu tes lisan yang merupakan salah satu bagiannya
Dari sana, Anda akhirnya bisa membeli tanah di samping rumah. Setelah itu, pembangunan gedung dua lantai dimulai. Pasca berdirinya pesantren ini, salah satu santri tertuanya yaitu Bapak Ali Noordin mengusulkan nama Darus-sunnah sebagai pesantren. Dan Mahasantri
Karena seluruh santri Darus-sunnah merupakan santri dari berbagai perguruan tinggi yang ada di Jakarta, maka dalam hal ini pesantren memberikan keleluasaan kepada santrinya untuk aktif di berbagai organisasi kampus baik di dalam maupun di luar, sepanjang tidak melanggar tata tertib akademik. Dorus-sunnah dan jangan dibatalkan
Darus-sunnah menggunakan sistem dalam proses pendidikan dan pelatihannya, yaitu gabungan antara sistem pesantren dan sistem pelajaran universitas, khususnya antara dzikir dan berpikir.
) karena guru menjelaskan dan siswa mendengarkan serta memahami. Selain sistem ini juga terdapat sistem sorogan yaitu siswa membaca buku sambil ada yang mendengarkan, kemudian mengoreksi dan bertanya. Hal ini merupakan syarat pendidikan bagi pesantren. Selain itu, karena keterbatasan tempat, tidak mungkin menerima ratusan pelamar.
Namun bukan berarti pelamar yang tidak lulus ujian tidak bisa belajar di pesantren. Pondok Pesantren Darus-Sunnat membagi Mahasantri menjadi dua kategori, yaitu minat masyarakat dalam menghafal dan mempelajari kembali Al-Qur’an. Hal ini terlihat dari semakin banyaknya sekolah dan lembaga pendidikan yang mengajarkan pelajaran tahfidzul Quran. Lembaga-lembaga ini tumbuh seperti jamur di musim hujan. PPTQ Nurus Sunnah merupakan Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an untuk mencetak kader calon penghafal dan guru Al Qur’an.
Menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar Al-Qur’an dengan metode yang baik, benar dan menarik serta menyediakan kondisi yang komprehensif. Menyediakan sumber daya manusia di bidangnya
*SHOHORO* Gratis Pendidikan, Asrama dan Makanan Guru Syahadat dan Musirifa/Musirifa yang berpengalaman *PERSYARATAN PENDAFTARAN BARU* *PERSYARATAN PENDAFTARAN 1. Usia 17-25 tahun 2. Lajang 3. Keinginan kuat untuk lulus Saya berumur 14 tahun. .Bersikap baik dan siap menaati aturan 5.Mampu membaca Al Quran dengan baik dan benar 6.Sehat jasmani dan rohani 7. *Dilarang merokok dan dilarang bermusik*8. Saat ini tidak berafiliasi dengan lembaga lain 9. Diutamakan yang sudah menghafalnya 10. Dokumen (bagi yang lewat) yang dibawa: KTP FC (KTP/Kartu Pelajar) 3 halaman Kartu Keluarga FC 3 halaman Ijazah pendidikan (asli) Akta kelahiran (asli) Surat keterangan dokter dari dokter Surat izin belajar dari orang tua Surat rekomendasi dari sekolah atau institusi Kontrak belajar (dengan batasan tertentu)
*PERTIMBANGAN* Gratis pendidikan, makan dan makan tunggal 3. Tekad dan keinginan yang kuat untuk menyelesaikan hafizah dalam waktu 1 tahun 4. Bersikap baik dan siap menaati aturan 5. Mampu mengaji dengan baik dan benar 6. Sehat jasmani dan rohani 7. *Dilarang merokok dan dilarang bermusik*8. Saat ini tidak berafiliasi dengan lembaga lain 9. Diutamakan yang sudah menghafalnya 10. Dokumen (bagi yang lewat) yang dibawa: KTP FC (KTP/Kartu Pelajar) 3 halaman Kartu Keluarga FC 3 halaman Ijazah pendidikan (asli) Akta kelahiran (asli) Surat keterangan dokter dari dokter Surat izin belajar dari orang tua Surat rekomendasi dari sekolah atau institusi Kontrak belajar (dengan batasan tertentu)
Pendidikan guru penghafal Al-Qur’an, memahami tafsirnya, memahami kaidah bahasa arab dan mengetahui bahasa arab, yang dapat beribadah sesuai sunah Nabi SAW (sekolah Tahfidz tingkat pertama). ) & STTA (sekolah hafalan tingkat tinggi) dengan menawarkan program intensif lainnya yaitu hafalan Alquran, bahasa Arab dan studi agama.
*Visi:*Mewujudkan generasi yang bertakwa, 3000 Wali dan Guru yang siap mengajar dan berpromosi di masyarakat. *Misi :* 1. Memperkenalkan keyakinan yang benar dan menerapkannya dalam aktivitas sehari-hari 2. 2. Menciptakan lingkungan Al-Qur’an 3. 3. Membiasakan budi pekerti Islami dalam kehidupan sehari-hari teman dan guru serta seluruh masyarakat di dalam sekolah dan orang-orang di luar sekolah.
Dewan Pembina Farid Fadhilla, Calon Ilmu Filologi. Dr.Al Ustadz. Aris Munandar, M.P.I. Dewan Pengawas Al Ustadz Abu Husain Agus Valuyo Ketua Dewan : Wasis Utomo, S. Bendahara : Herbie Juliantoro, S.C.
Mahad Al ‘Ilmi bertujuan untuk mempersiapkan Anda menghadapi talibul ‘ilm seumur hidup dengan mengajari Anda pengetahuan dasar Islam. Perkuliahan diadakan pada sore hari, biasanya pada saat selesainya pekerjaan di universitas dan kantor, dan tafsir mustalaha hadits manhaj bahasa arab, sastra, kegiatan pembelajaran rutin. -Penjaga Alquran Arbain Nawawi, penjaga hadis kurban.
Rumah Quran Al-Fata merupakan unit rumah tahfiz di bawah Yayasan Surau Ageng Al-Fata Yogyakarta, sebuah program yang fokus pada penghafalan Al-Quran minimal 1 tahun, dilengkapi dengan pengetahuan dasar Al-Quran. agama Islam.
Pondok Pesantren Al-Uhuwa mempunyai beberapa program pendidikan, salah satunya adalah program I’dad Duat. Dan dibawah ini akan kami ceritakan sejarah singkat awal mula program doa ini hingga saat ini. Pada awalnya Yayasan Al-Uhuwa merintis program pertama yaitu Roadhotul Atfal (tingkat TK) dekat pasar Sukoharjo Jawa Tengah, dan seiring berjalannya waktu program RA ini berpindah ke gedung MI Muhammadiah Joho Sukoharjo di bawah pimpinan Ust. Muklis. Setelah meluluskan beberapa lulusan program RA, Yayasan Al-Uhuwa ingin melebarkan sayapnya dan membuka program baru yaitu Madrosa Salawiyyah U’la (Tingkat Yayasan), untuk menampung lulusan RA yang ingin melanjutkan studi. Kemudian, mengingat kebutuhan akan guru yang semakin meningkat, Yayasan Al-Uhuwa meluncurkan program baru yaitu program I’dad Duat (Kader Da’i) untuk membantu mereka dalam proses pendidikan. Pengurus Yayasan Al-Uhuwa sedang mencari…
Pondok Pesantren “Tahfij Diyul Qur’an” dibawah naungan sah Yayasan Diyul Qur’an. SK. Menkumham AHU-0C08125.AH.01.14 2017. Jenjang pendidikan : a. Aliya, 1 (satu) tahun bekerja. IMQI (I’dad Muhafizhil Qur’an wal Imam / kader guru Tahfij dan Imam), masa kerja 1 (satu) tahun.
Mahad Al-Mubarak merupakan program pendidikan Islam yang berlandaskan Al-Qur’an dan Sunnah
Pondok pesantren tahfidzul qur an putri, pondok pesantren tahfiz quran, pondok pesantren tahfidz qur an gratis, pondok pesantren tahfidz al qur an, pondok pesantren tahfiz, pondok pesantren ulumul qur an, pondok pesantren tahfizhul qur an al imam ashim kampus ii, pondok pesantren tahfidzul qur an, pondok pesantren madinatul qur an, pondok pesantren raudhatul qur an, pondok pesantren tahfidzul qur an an nabawi, pondok pesantren roudlotul qur an