Jelaskan Peranan Sebuah Masjid Di Dalam Pondok Pesantren – Lahir tanggal 19 Mei 1978 di Harut Jawa Barat Lulus SDN 4 CIBATU, SMPN 1 CIBATU, SMAN 1 CIBATU, S1 PENDIDIKAN ISLAM UNIGA, S1 BAHASA INGGRIS STKIP SILIWANGI CIMAHI, …
1. Pesantren merupakan lembaga pendidikan yang sudah sangat lama ada di Indonesia sehingga sangat mengakar dalam budaya bangsa. Pesantren memiliki ciri khas Islam dan keaslian Indonesia. Artinya, sebagai lembaga pendidikan yang identik dengan Islam dan otentik (asal Indonesia) dengan ciri khas mempunyai mausoleum atau asrama untuk tempat tinggal siswa.
2. Dari segi istilah, Pondok Pesantren adalah lembaga pendidikan yang tempat para santrinya tinggal di asrama selama 24 jam untuk memperdalam ilmu agama (taqfe fi al-edin) dan untuk memperoleh keterampilan dan kecakapan hidup, proses mengajar dan melakukan pembelajaran.
3. Pondok pesantren mempunyai komponen utama sebagai berikut. Pertama, Qiyai (bagian tengah yaitu guru mengaji dan pimpinan pondok pesantren). Kedua, Santris (santri). 3, masjid/meshala (tempat ibadah dan pusat kegiatan di pondok pesantren), 4, pondok pesantren/pondok pesantren (tempat tinggal santri). Kelima, kitab kuning (materi utama dalam kurikulum pesantren). Keenam, metode pengajaran Sorogan, Bandangan, Al-Janul Al-Zar, Halka, serta rencana pendidikan agar peserta didik dapat mengetahui arti, kedudukan dan fungsi setiap kalimat.
4. Angka Kementerian Agama Republik Indonesia tahun 2006 menunjukkan bahwa terdapat 14.067 pesantren di seluruh Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa pesantren secara kuantitatif mampu berkembang dan tetap menjadi kebutuhan masyarakat Indonesia.
Didirikan pada abad ke-18 oleh Kiai Ageng Hasan Basari. Murid-muridnya yang terkenal antara lain Pakuboona II (penguasa Kerajaan Kartasura), Raden Ngabe Ronggawarsita (penyair Jawa) dan H.O.S. menunjukkan Cocraminto (anggota Gerakan Nasional).
Pendiri K.H. Hamdani pada tahun 1787. Pondok Pesantren ini terletak di desa Siwalan Panji, Budoran, Siddarja, Jawa Timur. Pendiri gerakan Ulama, K.H. Hasim Assiari pernah menjadi santri di pesantren ini.
C. Pondok Pesantren Sidagiri Pondok Pesantren ini berdiri pada tahun 1718. Pendirinya adalah Saeed Suleiman yang masih merupakan keturunan Nabi Muhammad SAW. Lokasi gubuk di bekas kawasan hutan itu ditentukan setelah batang pohonnya ditebang.
Pondok pesantren ini bermula dari sebuah langgar kecil (Moshel) yang didirikan oleh Kayai Etzbat bin Ishaq sekitar tahun 1787. Di area gubuk terdapat sumber mata air (sumur) yang cukup besar dan tidak pernah surut.
Pondok ini didirikan oleh K.H. Abdul Manan pada tahun 1830 di Distrik Samtan, Pakistan. Saat itu mereka mengajarkan kitab-kitab yang masih pada tingkat dasar.
Pondok pesantren ini didirikan pada tahun 1801 oleh K.H. Abdul Rahman di tanah seluas 3650 meter persegi di Kabouman. Para kiai dan santri pesantren ini juga ikut berperang melawan tentara Belanda pada masa kemerdekaan dan tahun 1960-an.
Pondok pesantren ini didirikan oleh Mubah atau Kiai Mokoim. Ia pernah menjadi Mufti Keraton Kanuman di Sirbon, namun kemudian mengundurkan diri dan pada tahun 1750 mendirikan Pondok Pesantren Buntet yang berjarak sekitar 12 kilometer dari Sirbon.
Pondok pesantren ini terletak di Desa Sayurmainkat, Kecamatan Kotanopan, Kabupaten Mandailing-Natal, Sumatera Utara. Pesantren sudah mencapai satu abad. Pada masa kemerdekaan, pesantren ini digunakan sebagai basis perlawanan sipil Tentara Keamanan Rakyat (TKR).
Pondok pesantren ini terletak di Kecamatan Pasayangan, Martapura, Banjar, Kalimantan Selatan. Pesantren didirikan pada tahun 1914 oleh K.H. Jamaluddin. Sebagai pesantren tertua di Kalimantan, telah banyak melahirkan ulama. Pondok Pesantren Dar es Salaam dijadikan tolok ukur perkembangan pondok pesantren lainnya.
Konten situs web ini ditulis oleh pengguna. Konten sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengguna/penulis. Webmaster tidak bertanggung jawab atas masalah yang mungkin timbul akibat publikasi artikel di situs ini, namun siapa pun dapat mengirimkan surat keluhan yang akan ditangani sebaik mungkin oleh pengelola. Pengelola website berhak membatalkan tampilan artikel, menghapus artikel dan menonaktifkan akun penulis jika ada konten yang tidak boleh ditampilkan pada website ini.
Adalah platform blogging khusus untuk guru, pelatih, dan pendidik tanpa judul lainnya. Dipersembahkan oleh Pustaka Media Guru bekerja sama dengan Bimadigital (PT BIMA DIGITAL INDONESIA) sebagai pengembang dan penyedia teknologi yang digunakan oleh platform ini. Ternyata Sholat di Masjid Jauh, Kata Boyeh Yahya, Lebih Baik…
Lebih baik salat di masjid yang jauh atau di mushola yang dekat? Ternyata Boya Yahya bilang kapan lebih baik… Boya Yahya menjelaskan dalam salah satu pidatonya bahwa lebih utama salat di masjid atau di musala yang lebih dekat. Menurut berbagai sekolah, jawabannya adalah
Tak hanya itu, keutamaan orang yang salat di masjid banyak disebutkan dalam hadis. Oleh karena itu, shalat berjamaah di masjid sangat dianjurkan.
Beberapa orang beriman juga bertanya apa yang lebih penting, shalat di masjid yang jauh atau musala yang berdekatan?
Sekadar informasi, Tuhan Yang Maha Esa sangat menyukai masjid dan orang-orang yang pergi ke masjid untuk beribadah, terutama untuk salat berjamaah.
Namun, ada beberapa musala di sekitar kita, baik di rumah pribadi maupun di beberapa tempat seperti masjid.
Lantas, kalau musalanya lebih dekat dari rumah dan masjidnya jauh, lebih utama shalat di masjid atau di musala?
Sebelumnya, Pengurus Pondok Pesantren Al-Bahja sempat menjelaskan, masjid ini dibangun di atas tanah wakaf dan rencananya akan dibangun untuk masjid.
“Masjid yang dihibahkan seharusnya dibangun menjadi masjid. Mushola sangat berbeda dengan mushola negara kita dalam pembahasan kitab fiqih.
Boyeh Yahya menjawab, lebih utama salat berjamaah di masjid atau musala terdekat. Sumber: YouTube Al-Bahjah TV
Dalam kitab fiqih, sejumlah ulama mazhab Syiah menyebutkan bahwa salat Idul Fitri dan Idul Adha dilaksanakan di masjid.
Sedangkan mazhab Hanbali menyebutkan salat di musala. Namun musala yang dimaksud adalah sebuah area luas yang biasanya digunakan untuk salat jenazah.
“Kalau membaca kitab fiqih masjid. Khusus Yahya, khususnya mengenai salat Idul Fitri, sebagian besar ulama mengatakan bahwa salat Idul Fitri dan Idul Adha dilaksanakan di masjid-masjid menurut mazhab Syiah.
“Jadi sekolah Imam Ahmad itu ada di musalanya. Itu tidak boleh dibawa ke negara kita. Dalam kitab fiqih, musala merupakan suatu ruangan luas yang biasa digunakan untuk melaksanakan shalat mati.
Boyeh Yahya menambahkan, Musholla yang disebutkan dalam kitab fiqih merupakan ruangan luas yang disediakan pemerintah untuk menyelenggarakan salat jenazah, termasuk salat Idul Fitri.
Oleh karena itu, jika dalam kitab fikih disebutkan bahwa salat Idul Fitri dilakukan di musala, maka musala bukan berarti bangunan, seperti halnya masjid di Indonesia.
Kalau tanahnya diperuntukkan dan dipertimbangkan untuk membangun masjid, baik itu disebut mushola, surah, langar atau yang lainnya, fungsinya seperti masjid.
“Yang perlu kita tanyakan adalah apa tujuan pembangunannya. “Mungkin masyarakat tidak membangun rumah salat untuk wakaf.” kata Boya Yahya.
Namun bagi orang yang mempengaruhi kesejahteraan musala, mungkin lebih baik berada di musala yang lebih dekat dengan rumah.
Misalnya seseorang pergi ke mesjid, mushallanya kosong dan tidak ada orang yang mau salat di tengah masyarakat, maka lebih baik salat di musala.
“Jika pergi ke tempat ramai (masjid) berarti musalanya kosong atau tidak ada jamaah, maka lebih baik di mushala. Jangan pergi karena Anda adalah pusat jamaah di sana. Boya Yahya berkata: Kamu mempunyai kewajiban untuk menyelesaikan tempat ini.
Sedangkan jika orang tersebut biasanya tidak menjadi panutan dan tidak mempunyai pengaruh di musala, bisa dipilih yang terbaik.
“Kalau kamu orang biasa, tidak ada gunanya datang dan pergi, jadi pilih saja yang terbaik yang kamu suka. Tapi kalau orang terhormat, teladan, diam saja di sana (sholat).” kata Boya Yahya.
Soal prioritasnya, walaupun salat di musala tetap mendapat prioritas, karena tujuannya untuk membenahi musala dan mengajak masyarakat salat berjamaah.
Boyeh Yahya berkata: “Maka shalatlah di tempat yang diutamakan musalamu, karena dia bermaksud menjadikan tempat itu cocok untuk shalat.”
Beliau menambahkan: “Anda akan menjadikan masalah ini sebagai prioritas karena dia bermaksud mengajak manusia untuk beribadah kepada Tuhan dan sebagainya.”
Sementara itu, Boyeh Yahya menegaskan, semua masjid, kecuali tiga masjid yakni Masjid Raya, Masjid Nabawi, dan Masjid Al-Aqsa, mempunyai fungsi dan prioritas yang sama.
Inalillahi, CEO Krakatau Steel Purwona Widoda meninggal dunia Business Economist 3/10/2024 – 08:24 Purwona meninggal dunia pada pukul 20:37 WIB di RS Medistra, Jakarta. Kabar tersebut dibenarkan oleh jajaran direksi PT Krakatau Steel pada Kamis (3/10).
Pegadaian raih penghargaan TOP BUMN 2024, raih 2 penghargaan bergengsi ekonomi dan bisnis 3.10.2024 – 08:23 Pencapaian penghargaan TOP BUMN 2024 memperkuat posisi Pegadaian sebagai perusahaan keuangan yang senantiasa berkontribusi terhadap pembangunan perekonomian nasional.
Penyembuhan Alternatif Dayak Aida di Madion 3-7 Oktober 2024 Penipuan Terkonfirmasi Adanya Tagihan Rp 350 Ribu Secara Nasional 3-10/2024 – 08:14 Poster promosi Penyembuhan Alternatif Dayak Aida di Madion, Jawa Timur, 3-7 Oktober 2020 menyatakan Viral di jejaring sosial
Peringatan: Hujan Lebat dan Guntur Mungkin Terjadi di Beberapa Wilayah Sumut Sumatera 3/10/2024 – 08:12 Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan beberapa wilayah akan hujan lebat dan petir serta akan mengalami aliran listrik di Sumut.
Nasib yang sama seperti Shin Tae-yong, pelatih Juventus menyebut pria yang pernah merugikan timnas Indonesia di liga internasional itu menderita. Pemain muda Timnas Indonesia usai laga melawan RB Leipzig di Liga Champions.
Klasemen Liga Champions 24/25 dan hasil lengkap pekan ke-2: Real Madrid kalah, Juventus menang lagi untuk mengalahkan Milan berganda di Internazionale 3/10/2024 – 08:04 Klasemen Liga Champions 24/ 25 Kamis (03/10)/14) serta hasil lengkap pekan kedua, banyak kejutan, termasuk kekalahan dari Real Madrid sang juara bertahan.
Marisa Haq mendadak mati dalam sorotan saat Ikang Fozi menangis di pelukan Anis Basudan.